Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Milyarder Jepang Jadi Turis Pertama Yang Akan Diterbangkan SpaceX Menuju Bulan

Satubanten.com – Setelah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan warga sipil di sekitar bulan pada Kamis (13/09/2018), SpaceX akhirnya mengumumkan identitas penumpang pribadi pertamanya, Senin (17/09/2018). Dia adalah Yusaku Maezawa, seorang milyarder asal Jepang yang merupakan pendiri sekaligus Chief Executive perusahaan retail fashion online Zozo.

Rencananya, Maezawa akan melakukan perjalanan ke bulan yang dinamakan “BFR Lunar Mission” pada tahun 2023 mendatang dengan menggunakan pesawat ulak-alik Big Falcon Rocket (BFR). Ia juga akan menjadi manusia pertama yang pergi ke bulan setelah berakhirnya misi Apollo Amerika Serikat pada tahun 1972.

Dilansir dari Reuters, pengumuman tersebut disampaikan dalam sebuah acara di markas besar sekaligus pabrik roket SpaceX di Hawthorne, Los Angles. Pada kesempatan tersebut Elon Musk, pendiri sekaligus pimpinan SpaceX juga mengungkapkan bahwa Maezawa telah menyetorkan deposit dan akan memberikan dampak besar pada pengembangan BFR. Namun besarnya jumlah yang dibayarkan Maezawa untuk perjalanan itu tidak diungkapkan pada publik.

Misi ini bukan yang pertama kali dibuat SpaceX. Pada tahun 2017 lalu, Musk pernah mengumumkan bahwa perusahaannya akan meluncurkan dua orang mengelilingi bulan di jalur yang sama dengan Apollo 13 milik Badan Antariksa AS (NASA). Dan roket yang akan digunakan adalah Falcon Heavy. Sayangnya, perjalanan bulan Falcon Heavy tersebut urung dilakukan. Hal ini kemungkinan karena salah satu dari penumpang lebih menyukai ide Musk pada BFR yang saat itu masih berupa purwarupa. (SBS/022)

Comments
Loading...