Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Aneka Tanaman Obat dan Khasiatnya

94

Satubanten.com (17/09/2018) – Tanaman obat merupakan sebuah tanaman yang memiliki fungsi untuk membantu dalam menjaga, mencegah dan mengobati dari berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Banyak tumbuhan yang bisa kita kembangbiakkan dengan cara penanaman menggunakan metode apotik hidup yang tidak memakan banyak tempat. Selain itu, tanaman obat-obatan ini bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan menyediakan tanaman obat kita sudah bisa untuk hidup sehat secara alami tanpa adanya obat kimia yang masuk kedalam tubuh. Sudah jelas obat herbal sangat jauh lebih baik dikonsumsi dibandingkan obat yang berbahan dasar atau dicampur dengan bahan kimia.

Indonesia memiliki tanah yang subur dan keanekaragaman jenis tanaman, termasuk rempah dan tanaman obat. Berikut adalah beberapa jenis tanaman obat yang mudah kita dapat dan cocok untuk ditanam di pekarangan rumah.

Kunyit
merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan yang tersebar diseluruh daerah tropis. Khasiat kunyit untuk kesehatan yaitu, sebagai bahan obat tradisional, juga untuk menambah produksi ASI, penawar racun, sakit magh, mencegah penuaan dan sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti mikroba, anti tumor, pencegah kanker, menurunkan kolestrol serta sebagai pembersih darah.

Temulawak
Termasuk dalam keluarga jahe, temulawak ini adalah tanaman asli Indonesia yang banyak tumbuh di Pulau Jawa, Kalimantan dan Maluku. Temulawak ternyata sudah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, perut kembung dan pegal-pegal.

Jahe
Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal dengan Gingerol yang bersifat sebagai anti oksidan. Hal inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif anti penuaan. Jahe juga dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, yang menghambat oksidasi kolestrol, meningkatkan kekebalan tubuh, serta sebagai obat asma, sakit tenggorokan dan sakit pinggang.

Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh dapat menyembuhkan gusi berdarah, dengan mengkonsumsinya baik segar maupun berbentuk manisan secara rutin setiap hari. Selain itu, belimbing wuluh juga dapat menyembuhkan reumatik, gondongan dan menghilangkan panu atau jamur.

Temu Giring
Dapat mengobati sakit perut, cacingan, peluntur lemak, dan melancarkan pencernaan.
Bangle
Mengobati nyeri perut, diare, perut kembung atau begah, keputihan dan sakit kepala. Bangle ini bentuk dan ukurannya hampir sama dengan kencur, dan masuk dalam keluarga jahe.

Temu kunci
Membantu mengurangi bau badan yang tidak sedap, penetral racun, sebagai anti oksidan, juga mengobati perut kembung dan sembelit.

Kencur
Dikenal dengan nama ilmiah Kaempferia Galangal, bila di Jawa biasa disebut  Rimpang, dan di Aceh dikenal dengan nama Ceuko. Kencur dapat meredakan batuk , meluruhkan keringat, mengobati sakit kepala, dan influenza.

Lengkuas
Biasanya lengkuas digunakan untuk bahan masak, tapi siapa sangka kalau ternyata lengkuas memiliki khasiat yang luar biasa, seperti dapat mengobati penyakit limfa, radang, diare, reumatik bahkan tumor.

Tanaman obat diatas mudah ditemui di pasar tradisional dan mudah juga untuk di tanam sendiri di  pekarangan rumah. Masih ada banyak tanaman obat yang hadir di lingkungan sekitar kita. Dengan daftar diatas semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca dan selamat mencoba. (SBS/Panda)

Comments
Loading...