Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Strategi BI Banten Dalam Menghadapi Pelemahan Rupiah

27

Serang, (14/09/2018) Satubanten.com – Dalam menghadapi pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) Bank Indonesia (BI) memiliki beberapa strategi untuk menjaga agar nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten Rahmat Hernowo. “Intinya BI melalui satuan kerja pelaksana selalu memonitor dan berada di pasar, untuk menjaga agar nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya,” katanya pada saat di hubungi oleh Kabar Banten.

Ada tiga cara dalam menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Yang pertama adalah memberikan sinyal melalui suku bunga kebijakan (BI7days RR) agar sejalan dengan besaran makroekonomi dan dinamika keuangan internasional.

Kedua, pihak BI aktif berada di pasar uang maupun pasar surat-surat berharga guna menjaga keseimbangan permintaan dan penawaran. Ketiga, melakukan upaya agar pertumbuhan ekonomi dapat terjaga, melalui policy mixed instrumen makroprudential.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia memiliki satu tujuan tunggal yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah.

“Hal ini mengandung dua aspek yakni kestabilan nilai mata uang rupiah terhadap barang dan jasa yang tercermin pada laju inflasi, serta kestabilan nilai mata uang rupiah terhadap mata uang negara lain yang tercermin pada perkembangan nilai tukar,” ujarnya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...