Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Mengenal COLEK, Alat Canggih Karya Mahsiswa Cilegon

42

Jum’at, 14 September 2018

Cooling Box Solat Thermoelektrik (COLEK) adalah alat pendingin yang tidak menggunakan kipas ataupun freon sebagaimana alat pendingin pada umumnya, tapi menggunakan perangkat bernama elemen Peltier.

Satubanten.com – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali menunjukkan daya kreatifitasnya melalui alat canggih. Salah satunya adalah alat yang diberi nama dengan COLEK. COLEK adalah singkatan dari Cooling Box Solar Thermoelektrik. Alat tersebut adalah salah satu alat yang dipamerkan dalam Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Banten XIV 2018 hasil karya Bayu dan Jusman, dari Fakultas Teknik Untirta.

Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, Cooling Box Solar Thermoelektrik bisa juga disebut dengan Box Pendingin Thermoelektrik tenaga surya. Kebanyakan pendingin, seperti frezer menggunakan bahan freon sebagai material pendingin. Tapi COLEK, sesuai dengan namanya, kotak pedingin ini tidak menggunakan kipas atau menggunakan pendingin freon. Bahan atau material yang digunakan untuk media pendinginnya disebut material Thermoelektrik.

Thermoelektrik sebenarnya terdiri dari 2 kata yakni Thermo yang berarti suhu, sedangkan eletrik adalah suatu aliran listrik. Thermoelektrik adalah suatu alat pembangkit listrik (generator) yang dihasilkan dari perbedaan suhu antara dua permukaan elemen Thermoelektrik tersebut. Elemen Thermoelektrik ini di pasaran sering juga kita temukan dengan merek atau nama elemen Peltier.

Skema Kerja Cooling Box Surya Thermoelektrik (COLEK)

Dalam COLEK, Bayu mengubah fungsi Peltier yang awalnya sebagai pembangkit listrik dengan perbedaan suhu antara dua permukaan. Oleh Bayu, perbedaan suhu inilah yang ingin dimunculkan oleh Bayu, caranya adalah dengan mengalirkan listrik ke dalam elemen Pertier tersebut. Hasilnya, ketika elemen Peltier tersebut dialiri listrik maka satu sisi Peltier akan mengeluarkan suhu panas, sedangkan satu sisi lainnya akan mengeluarkan suhu dingin. Sisi dingin inilah yang dipasang dalam perangkat pendingin milik Bayu dan Jusman.

“Alat ini memang menggunakan listrik, tapi listrik tersebut kita dapatkan dari sumber energi terbarukan yakni dari Sel Sulya yang terpasang dalam perangkat itu,” tutur Jusman.

Untuk menyimpan daya yang dihasilkan dari Sel Surya ini, Bayu juga memasang aki dalam alat tersebut. Daya listrik yang tersimpan dalam aki inilah yang nantinya akan dialirkan ke dalam elemen Peltier. Dan menjadikan box bersuhu dingin. Sedang sisi peltier yang bersuhu panas dihadapkan ke sisi luar box. COLEK menjadi salah satu alat yang dipamerkan di stand Kota Cilegon dalam gelaran TTG XIV 2018 Banten. Selain COLEK, stand Cilegon juga menampilkan Alat Pemotong Iga Sapi milik Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek). Dalam gelaran TTG XIV Banten 2018 yang berlangsung dari Senin (10/9) hingga Jum’at (14/9) tersebut Cilegon meraih penghargaan Stand Terbaik Terbaik dan penghargaan Alat Unggulan.

Ditulis oleh : Imam B. Carito

Diedit oleh : SBS032

*Baca tulisan lain Imam B. Carito atau artikel lain tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

 

You might also like
Comments
Loading...