Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Jazuli Juwaini Ajak Lestarikan Budaya Melalui Wayang Kulit

75

 

Cilegon, 9 September 2019

Menurut survei yang dilakukan Jazuli Juwaini, Wayang menjadi hiburan paling disukai di Kota Cilegon. Wayang mempunyai nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Satubanten.com – Salah satu Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dr. H. Jazuli Juwaini, M.A mengadakan pertunjukan seni budaya Wayang Kulit di Kota Cilegon. Pertunjukan yang dilakukan pada hari Sabtu (8/9) di halaman Rumah Dinas Walikota itu diadakan melalui salah satu program Kementerian Kominfo. Pertunjukan seni budaya asli Indonesia paling tua tersebut menyedot perhatian ribuan orang, baik dari Kota Cilegon maupun dari kota-kota lain di luar Cilegon. Lakon yang ditampilkan adalah ‘Semar Mbangun Khayangan’ yang dibawakan oleh Ki Dalan Sambowo.

Menurut Jazuli, kesenian wayang dipilih karena memang mempunyai nilai budaya dan sejarah yang sangat banyak. Selain itu, wayang juga memiliki akar sejarah yang kuat dan merentang di nusantara. Selain itu nilai kesenian wayang juga sudah diakui bukan hanya di Indonesia namun juga sudah sampai ke mancanegara.

“Wayang ini merupakan budaya yang memiliki sejarah yang panjang. Dulu walisongo menggunakan wayang sebagai media dakwah. Dan bapak ibu sekalian perlu ketahui, wayang ini sudah dikenal di masyarakat luas, jadi bukan lagi hanya sebagai budaya Jawa, tapi sudah menjadi budaya Nasional. Bahkan sudah juga diakui sebagai budaya aseli dan terdaftar di UNESCO sana, di PBB,” tuturnya.

Baca Juga : Di UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Jazuli Juwaini Ajak Mahasiswa Hapus Stigmatisasi Umat Islam Anti-NKRI

Pertunjukan Wayang kulit ini dipilih bukan asal, namun telah melalui survei yang dilakukan oleh Jazuli Juwaini. Menurut hasil survei tersebut, ternyata wayang menjadi tontonan yang paling digemari di wilayah Kota Cilegon. Hal ini memang sempat mengejutkan Jazuli sendiri, namun menjadi logis mengingat sususnan kultural penduduk Kota Cilegon.

“Saya sudah keliling ke desa-desa, setiap saya tanya apa hiburan yang paling digemari, ternyata jawabnya wayang. Saya sempat tidak kaget apakah karena Kota ini Kota Industri sehingga banyak orang jawa yang kesini, itu bisa jadi menjadi salah satu sebabnya. Namun yang terpenting budaya wayang ini adalah warisan yang perlu kita lestarikan bersama,” lanjutnya.

Survei yang dilakukan Jazuli Juwaiani tersebut nampaknya terbukti lewat membludaknya penonton yang  menghadiri pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Rumah Dinas Walikota Cilegon tersebut. Di akhir sambutannya, Jazuli berharap bahwa muatan budaya yang kaya dari wayang ini mampu memberikan petuah dan tuntunan yang baik bagi masyarakat dalam membangun kehidupan berbangsa. Sehingga tercipta masyarakat Kota Cilegon yang hidup sesuai dengan ideologi bangsa, yakni Pancasila.

Ditulis oelh : Imam B. Carito

Diedit oleh : SBS032

*Baca tulisan lain Imam B. Carito atau tulisan lain tentang Jazuli Juwaini.

You might also like
Comments
Loading...