Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Pasar Tamansari : Dari Hewan Peliharaan Hingga Kerajinan Aquascape

63

Serang, (08/09/2018) Satubanten.com – Bagi para pecinta hewan di Kota Serang dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan pasar hewan Taman Sari ini. Selain harganya murah, hewan yang diperjual-belikan dipasar tersebut juga terbilang cukup lengkap.

Seperti yang disampaikan Robi (26) pedagang berbagai macam unggas dan musang, “ada banyak binatang peliharaan yang saya jual disini, mulai dari ayam lokal sampai yang impor juga tersedia. Seperti ayam Ringneck Pheasent berasal dari China, ayam Mutiara dari Afrika dan semuanya saya dapat dari penangkaran yang ada di Surabaya,” ujarnya.

Penghasilan yang didapatkannya pun cukup besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Lumayan banyak kalau omzet, dari satu pasang ayam jenis ringneck pheasent aja saya jual dengan harga Rp.3.500.000 juta. Dan untuk harga ayam saya jual mulai dari Rp.1.500.000 juta sampai yang paling mahal Rp.11.000.000 juta, kalau burung mulai dari Rp.100.000,- sampai Rp.2000.000 juta. Jadi dalam satu bulan bisa mencapai sekitar Rp.10.000.000 jutaan lah,” Robi menambahkan.

Robi juga mengatakan bahwa kebanyakan pembeli yang datang berasal dari luar Serang, seperti Cilegon, Tangerang bahkan jakarta juga datang ke kiosnya untuk membeli binatang peliharaan.

“Disini harganya lebih murah, terus abangnya juga ramah enak buat diajak sharing,” ucap Arsya seorang pembeli asal Kota Serang.

Selain hewan peliharaan, di pasar Taman Sari juga ada pengrajin Aquascape yang merupakan jasa dekorasi aquarium dengan menggunakan pasir, batang pohon serta tanaman air.

Disamping itu, Yadi (35) seorang penjual ikan hias sekaligus pembuat aquarium bekerjasama dengan pengrajin aquascape tersebut.

“Iya saya yang bikin aquariumnya dan kios sebelah mendekor atau biasa disebut aquascape, jadi kita kerjasama aja,” kata Yadi. Dirinya bersama pengrajin lainnya bekerjasama saling membantu untuk memenuhi pesanan.

“Jadi kan bisa gotong royong, berbagi rejeki, terus juga kan kerjaannya cepet selesai,” ujar Roni, salah satu pengrajin aquascpe. Untuk para pecinta hewan, Pasar Tamansari mulai buka pukul 08.00 sampai 20.00. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...