Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Erica anca : Berawal Dari Hobi Menjadi Sumber Penghasilan

103

Tampil mempesona seolah menjadi tuntutan bagi setiap wanita. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota seperti kota Serang. Karenanya, orang rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa tampil sesuai impian.

Kegemaran wanita untuk memanjakan diri dan tampil indah inilah yang menjadi potensi menguntungkanTak heran, jika saat ini muncul berbagai jenis produk dan jasa perawatan, kecantikan, tubuh hingga kebugaran yang menyasar semua bagian dari ujung kaki hingga ujung rambut wanita. Salah satu produk jasa yang sedang tren dan digandrungi oleh sebagian wanita Indonesia adalah mempercantik tampilan alis. Jasa ini lebih dikenal dengan istilah sulam alis.

Peluang bisnis Klinik Kecantikan yang di tangkap oleh Erica, untuk mendulang rupiah di Kota Serang, menurut Erica merintis bisnis tersebut bukanlah hal yang mudah, karena diperlukan keterampilan khusus untuk menggelutinya, karena berkaitan dengan penampilan seseorang, jika salah memolesnya makan akan fatal akibatnya.

“Sebelum saya membuka praktek klinik kecantikan diantaranya melayani Sulam Alis dan Skincare, saya terlebih dahulu membuka usaha rias pengantin, namun tidak berlangsung lama karena terbentur berbagai kendala, seperti pembagian waktu kerja,” ujar Erica.

Menurut Ibu rumah tangga yang mengaku mulai merintis usaha kencantikan di kota Serang sejak tahun 2014 silam ini, usahanya bisa berkembang seperti saat ini karena Ia menjalankan usaha dilandasi dengan rasa hobi, sehingga tidak ada kejenuhan dalam menjalankan rutinitas pekerjaan.

Erica menambahkan selain usaha sulam ailis, Ia juga membuka praktek Skincare yang  merupakan cara yang digunakan untuk merawat kesehatan kulit khususnya kulit wajah dengan lebih intens dan teratur, dengan skin care banyak hal – hal khusus yang harus diperhatikan.

“Saya pilih bisnis klinik kecantikan ini, karena awalnya di sini bisnis kecantikan masih langkah, yang ada hanya salon-salaon biasa, jadi saya pikir ini merupakan peluang, karena saya juga sering berbincang dengan teman-teman mereka rela ke Jakarta untuk  melakukan sulam alis maupun skincare,” tutur ibu muda ini.

Lebih lanjut ibu muda yang mempunyai hobi traveling ini menuturkan untuk mendalami bisnis semi permanen make up seperti sulam alis, bibir, ailiner, yang memerlukan waktu kursus kisaran 1 bulan untuk benar-benar bisa, namun ada juga yang bisa hanya ditempuh dengan kursus singkat 3 hingga 4 hari saja.

Masih menurut  Erica, untuk mendalami ilmunya Ia mengaku bukan hanya mendalami kursus di satu tempat saja, namun di beberapa kursus kecantikan bahkan Erica mengaku menyempatkan diri belajar keluar negeri agar bisa menajalankan prakteknya secara profesional.

Ibu muda yang mengaku saat ini memperkerjakan 7 orang karyawan ini menuturkan bahwa kursus kecantikan tersebut membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga dalam kelas kursuspun sangat terbatas, dalam satu kelas rata-rata hanya diikuti oleh 3 siswa saja, sedangkan untuk usia tidak terbatas yang penting masih memiliki konsentrasi yang tinggi.

Disinggung mengenai tarif  jasa di klinik kecantikannya Erica mengatakan untuk sulam alis Ia mematok harga kisaran Rp, 1,5 juta hingga Rp. 2 juta, sedangkan untuk skincare Ia memasang tarif kisaran Rp. 200 ribu hingga Rp. 500 ribu, untuk setiap pasiennya.

“Saya mengutamakan bahan-bahan yang aman sehingga nyaman untuk pasien, hasilnya juga bisa dirasakan oleh para pasein, terbukti setiap tahun pelanggan saya semakin banyak, itu menandakan para pasien cukup nyaman dengan hasil kerja kita,” imbunya lagi.

Untuk startegi pemasaran yang saya lakukan pertama kali menggunakan teknologi sosial media, selain itu informasi dari mulut kemulut juga sangat membantu pengenalan salon kecantikan yang Ia geluti tersebut.

Erica yang mengaku berdarah sumatera tersebut dan besar di Banten ini memberikan motifasi kepada generasi muda di Serang khususnya dan Banten pada umumnya jangan takut untuk memulai usaha baru harus mempunyai Mindset untuk maju jangan takut untuk memulai usaha, harus inofatif dan kreatif.SBS/Hose

Comments
Loading...