Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Berikut Beberapa Aktivitas Yang Dapat Menyehatkan Tubuh Di Pagi Hari

117

Serang 16/08/2018 Satubanten.com – Kesehatan tentu menjadi impian banyak orang, bagaimana tidak? Mana mungkin ada orang yang ingin sakit? Dan jika kita sakit, tentu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Oleh sebab itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh serta pilihan yang juga sehat, baik dalam hal fisik maupun batin, sehingga perlu menerapkan pola hidup yang baik dan menyehatkan. Adapun yang paling utama untuk melakukan aktifitas agar tubuh dan pikiran tetap sehat adalah pada pagi hari. Kenapa harus pagi hari? Berikut alasannya.

1. Berolahraga Di Pagi Hari : Aktifitas ini yang wajib untuk dilakukan, Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit (atau lebih lama) untuk melakukan olahraga tubuh, seperti lari, jogging atau sekedar jalan-jalan pagi.

Hal itu perlu dilakukan secara rutin, usahakan setiap hari, tetapi kalau anda sibuk usahakan minimal 3-4 kali dalam seminggu.

Terdapat banyak manfaat dari olahraga pagi, sperti dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sebuah penelitian dari pihak Nihon Fukushi University di Handa, Jepang, menemukan hasil penelitiannya bahwa olahraga pagi mampu mempengaruhi kecerdasaan otak. Orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi.

2. Menghirup Udara Pagi : Keadaan udara pagi yang dalam keadaan yang segar, serta waktu yang paling aman dari polusi, maka saat-saat seperti ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk menghirup udara dengan sebanyak-banyak.

Disamping sangat segar, juga bermanfaat untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh. Hiruplah udara pagi secara dalam-dalam maka rasakan kesegarannya dari udara yang bersih tersebut.

Adapun udara pada siang hari sudah menurun tingkat kesegarannya dan juga sudah tercampur dengan hal-hal yang menurunkan kualitas udara yang dihirup, seperti asap kendaraan bermotor, mobil, asap pabrik, debu yang banyak berterbangan, dll.

3. Minum Air Putih : Kamu bisa lakukan ini cukup sering di pagi hari, atau juga setelah beberapa saat setelah berolahraga yang biasanya akan membuat tubuh merasa haus.

Yang paling disarankan adalah meminum air putih, karena ini yang paling baik untuk tubuh, serta bebas dari bahan kimia. Air putih adalah minuman yang sangat menyehatkan tubuh.

Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih adalah pagi hari, di pagi hari tubuh baru terbangun dari istirahat dan proses pemulihan, saat itu juga tubuh mulai kehilangan banyak cairan.

Banyak manfaatnya minum air putih di pagi hari, yang pertama membuat kulit lebih berkilau, karena mengonsumsi air putih membantu untuk proses pembuangan racun dari dalam tubuh, hal ini membantu agar kulit terhindari dari masalah kusam

Lalu, minum air putih di pagi hari juga berguna untuk memperbaharui organ otot dan seluruh sel darah di tubuh, manfaatnya selanjutnya yaitu  membantu menyeimbangkan sistem limpa, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

Minum air di pagi pagi juga bermanfaat untuk memperlancar proses buang air besar (BAB) di pagi hari, sehingga kita terhindari dari berbagai masalah yang berkaitan denga BAB di pagi hari, karena masalah BAB ini sering dialami banyak orang di pagi hari.

Sehingga, untuk orang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, disarankan untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur.

4. Mengkonsumsi Buah-Buahan :  Buah РBuahan umumnya mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, antioksidan serta kaya serat. Kamu dapat mengkonsumsi buah yang disukai di pagi hari, dengan variasi buah yang juga sangat baik

Para ahli merekomendasikan konsumsi satu buah di pagi hari, karena manfaatnya untuk meningkatkan energi tubuh dalam menjalani aktivitas seharian. Adapun buah-buahan yang memberikan energi bagi tubuh yaitu buah jeruk, apel, pisang, dan melon.

Anda bisa menyantapnya bersama dengan menu oatmeal di pagi hari. Manfaat konsumsi buah di pagi hari lainnya yaitu sangat baik untuk kerja pencernaan. Hal itu karena buah adalah makanan pembersih tubuh, yang membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh ketika pagi hari.

Hal baik lainnya dari konsumsi buah di pagi hari adalah kandungan enzim yang berperan penting untuk meningkatkan beberapa fungsi dalam tubuh dan membantu pengoptimalkan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi di pagi hari bisa mempengaruhi mood (suasana hati) pada sepanjang hari. Sehingga memulai pagi dengan makan buah dapat menjadi cara cerdas untuk menambah stamina dan semangat di pagi hari. (013)

You might also like
Comments
Loading...