Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Jika Tubuh Seperti Ini Jangan Minum Kopi Dulu

106

Satubanten.com – Kopi sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sebagian orang, khususnya yang berada di kota-kota besar. Kopi dinikmati saat pagi hari untuk mengawali hari atau dijadikan minuman yang dikonsumsi saat mengobrol bersama di kafe-kafe ataupun ditempat lain. Meskipun dikenal luas sebagai minuman yang nikmat dan menyehatkan, ada baiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsinya.

Dilansir dari laman dokterseha.com sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi kopi dengan berlebihan bisa berimbas pada masalah insomnia. Kondisi ini dikarenakan oleh kandungan kafein yang mempengaruhi fungsi tubuh. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi kopi jika sedang mengalami beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti sakit perut, jantung berdebar-debar, atau bahkan stres karena pekerjaan.

Karena rasanya nikmat, banyak yang menjadikan kopi sebagai minuman penghilang stres. Yang menjadi masalah adalah, National Institute of Mental Health justru menyebut konsumsi kopi saat stres atau cemas bisa membuat kita tidak bisa tidur. Stres pun akan semakin meningkat akibat pengaruh kafein yang masuk ke dalam tubuh. Alih-alih kopi, teh seperti teh hijau lebih direkomendasikan untuk menurunkan stres dan rasa cemas.

Kondisi lain yang membuat kita sebaiknya menghindari kopi adalah saat jantung berdebar-debar. Kondisi ini bisa jadi dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi kopi terlalu banyak sehingga kafein pun mempengaruhi kinerja jantung. Agar tidak semakin memburuk, hentikan konsumsi kopi untuk sementara hingga jantung tak lagi berdebar-debar.

Saat kita sedang sakit perut atau diare, ada baiknya kita juga tidak minum kopi terlebih dahulu. Kopi bisa memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan nyeri pada ulu hati. Karena alasan inilah penderita maag sebaiknya berhati-hati saat minum kopi. Selain itu, hindari kopi saat diare karena minuman ini memiliki efek laksatif atau membuat buang air besar menjadi lebih lancar. (sbs028/IR)

You might also like
Comments
Loading...