Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Kesalahan Saat Lari yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Satubanten.com – Lari merupakan olahraga yang digemari oleh semua kalangan. Selain mudah untuk dilakukan, lari atau joggingjuga banyak memberi manfaat kesehatan pada tubuh kita.

Namun, kesalahan minor yang dilakukan saat berlari atau jogging dapat mengurangi manfaat pada kesehatan, bahkan dapat menimbulkan masalah baru bagi tubuh kita, seperti lecet, nyeri kaki, cedera otot, kulit terbakar, dan lebam. Kesalahan saat lari yang paling sering dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Memakai sepatu yang salah

Memakai sepatu yang sudah tua atau sepatu yang berbeda jenis dengan sepatu lari akan menyebabkan cedera pada kaki, terutama pada bagian engkel.

2. Terlalu jauh dan terlalu cepat

Banyak pelari, terutama pelari awam yang terlalu bersemangat dalam berlari, lari terlalu jauh dan dengan tempo yang terlalu cepat. Berpikir bahwa lebih jauh itu lebih baik merupakan kesalahan yang fatal, karena hal tersebut dapat menyebabkan sakit pada jaringan lunak belakang tulang/shin splints (biasanya terjadi di bawah lutut/tulang kering), cedera lutut, dan meradangnya ligamen pada bagian paha (ITB syndrome).

3. Melangkah terlalu jauh

Banyak pelari yang berpikir bahwa melangkah lebih jauh akan memperbaiki kecepatan dan menambah efisiensi saat berlari. Melangkah terlalu jauh dapat menguras tenaga dan juga dapat menyebabkan shin splints karena tumit akan mendarat terlebih dahulu.

4. Posisi tangan

Beberapa pelari mengayunkan tangannya ke samping yang membuat mereka lebih membungkuk dan tidak bernapas dengan efektif. Ketika lelah, menaruh kedua tangan di dada juga akan membuat bahu dan leher menegang.

5. Kurang minum

Banyak yang menyepelekan banyaknya cairan tubuh yang keluar saat berlari dan tidak mengatasinya dengan cukup minum. Akibatnya, mereka akan mengalami dehidrasi yang dapat berakibat pada performa dan kesehatan.

6. Salah berpakaian

Beberapa pelari memakai baju yang salah, terlalu tebal atau terlalu terbuka, dan tidak cocok untuk kondisi cuaca saat itu. Hal tersebut akan menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas dan dingin.

7. Tidak makan dengan benar

Banyak pelari yang menyepelekan pentingnya nutrisi untuk performa dalam berlari dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa yang makan sebelum lari dan setelah berlari memiliki efek yang besar terhadap performa dan pemulihan Anda.

8. Berlari di trek yang sama

Berlari di trek yang sama terus-menerus membuat tubuh under-worked out. Bukan hanya menyebabkan tubuh terbiasa dengan daerah tersebut, namun hal ini juga membuat Anda mudah bosan dan bisa-bisa berakibat kehilangan motivasi untuk melanjutkan rutinitas lari. (sbs028)

You might also like
Comments
Loading...