Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Wisata Kuliner Sambil Berburu Takjil Di Pasar Ramadhan Islamic Center

957

SERANG, (SatuBanten News) – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, apalagi bagi para pedagang makanan maupun takjil. Momentum bulan puasa sepertinya sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Banten, khususnya Serang. Karena di puasa biasanya banyak pedagang makanan yang manjajakan dagangannya di Pasar Ramadhan Islamic Center Kota Serang.

Bertempat dilingkungan Masjid Agung Serang, Jl. Veteran, Kota Serang, Pasar Ramadhan ini selalu ramai oleh pengunjung yang sedang berburu makanan. Pasar tersebut memang hanya dibuka setahun sekali disepanjang bulan puasa hingga menjelang lebaran. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, Pasar Ramadhan ini juga berada tidak jauh dari Masjid Agung Kota Serang. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir apabila waktu berbuka puasa, bisa langsung memasuki masjid untuk menunaikan sholat.

Ada berbagai macam makanan yang dijajakan para pedagang tersebut. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat tersedia di pasar tersebut. Mulai dari minuman tradisional hingga minuman kekinian juga tak ketinggalan.

Berbagai macam menu disuguhkan, mulai dari takjil berupa kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak hingga kolak radio pun ada. Menu makanan beratnya, ada nasi uduk ayam goreng, empal daging khas Serang, ketan bintul, nasi padang, nasi pecel, pepesan, ikan bakar, ayam bakar, soto dan masih banyak menu lainnya. Dan untuk menu minumannya tersedia juga, es cendol, es buah, es durian, es kuwut, es mojitos, es thai tea, sampai es kepal milo yang sedang viral pun ada di pasar ini.

Menu makanan lengkap, menu minuman lengkap, menu takjil lengkap dan menu makanan ringannya pun lengkap, selengkap-lengkapnya. Untuk harga makanannya tak perlu risau karena takut mahal. Semua makanan dan minuman yang dijual di Pasar Ramadhan Islamic Center ini terkenal murahnya. Mulai dari yang paling murah untuk takjil dan aneka gorengan lainnya seharga Rp 2 ribu sampai Rp 10 ribu. Untuk makanan beratnya, mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu untuk paket lengkap. Dan untuk minuman mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu saja, nggak bikin kantong jebol kan.

Seperti yang disampaikan Nadiah (43) seorang pedagang aneka gorengan dan pepesan beserta kolak mengatakan jika harga dan jajanan di pasar ini sangat terjangkau. “Murah lah lumayan disini, saya aja jualnya mulai dari Rp 4 ribu sampe yang paling mahal Rp 15 ribu untuk pepes ayam dan ikan mas,” katanya sambil melayani pembeli.

Sementara Dhita (25) seorang pegawai yang sengaja mampir untuk berburu takjil dan makanan berat mengaku sangat menantikan bulan puasa setiap tahunnya agar bisa berbelanja jajanan khas di pasar tersebut, seperti ketan bintul dan empal daging. “Selalu nunggu bulan puasa setiap tahunnya, soalnya cuma ada di bulan puasa aja yang jual ketan bintul sama kue apem,” katanya.

Bagi warga Serang maupun diluar Serang yang ingin mengunjungi Pasar Ramadhan Islamic Center bisa datang mulai pukul 10.00 hingga pukul 19.00 WIB. Tapi waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah pada saat ba’da ashar atau sekitar pukul 16.00. Karena di jam segitu biasanya banyak makanan baru matang dan kalau kemaleman makanan sudah ludes habis terjual. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...