Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Inilah Bus Listrik Nasional Karya Anak Bangsa, Harganya Mulai Rp 1,2 Miliar

799

Satubanten.com – Sebuah bus listrik karya anak bangsa diperkenalkan oleh PT Sarimas Ahmadi Pratama. Bus listrik ini ditawarkan dengan harga Rp 1,2 miliar hingga 2,4 miliar untuk ukuran medium dengan panjang 8 meter. Bus ukuran besar berukuran 12 meter dijual Rp 2,9 miliar hingga Rp 4 miliar.

Standarnya, bus ini memiliki 132 sel baterai yang dapat dipakai untuk menempuh jarak 100 kilometer dalam kondisi penuh. Beratnya mencapai 900 kilogram. Namun jika ingin jarak yang ditempuh lebih panjang, bisa ditambahkan baterai lagi. Bahkan, kalau ingin bobot lebih rendah, baterai bisa disesuaikan atas permintaan konsumen. Bus ini pun telah diujikan pada berbagai medan jalan.

    “Kemarin kami sudah menguji bus listrik yang berukuran medium. Mulai dari balai kota Bandung lewat puncak, sampai Cibinong. Untuk berjaga-jaga kita melakukan pengisian baterai di Cianjur, setelah kurang lebih setelah berjalan 77 km, dan kita melakukan pengisian baterai sekitar 3 jam setelah istirahat,” kata Manager R&D PT Sarimas Ahmadi Pratama, Abdul Rahman Riza.

Sementara itu, saat diujikan kedua kalinya dari Balai Kota Bandung menuju PLB Sukabumi, bus mampu menempuh jarak kedua kota sejauh 93 kilometer . Indikator baterai menunjukan tersisa 20 persen dengan pengisian hanya sekitar 90 persen.

Sisi menarik dari bus listrik ini semuanya dapat dipantau lewat komputer dengan software khusus. Data kendaraan terkini dapat diketahui kondisinya lewat layar monitor. Kalau ada kerusakan, semua terlihat jelas dari sistem komputer ini.

Selain itu, menaiki bus ini juga tenang. Bus karya Dasep ini memiliki suara halus yang identik dengan mobil listrik. Kenyamanan yang diberikan cukup maksimal , ditambah dengan sejuknya pendingin udara. Bus listrik ini pastinya juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bus yang memakai bahan bakar minyak. (B02/sdm)

You might also like
Comments
Loading...