10 Manfaat Buah Plum Bagi Tubuh Kita

SatuBanten.com – Apa kalian sudah pernah mencoba atau melihat buah yang penuh hasiatnya ini, Buah yang banyak di temukan di cina  sanggat selit di temukan dan harganyapun lumayan mahal, di balik bentuknya yang hampir mirip dengan apel malang ini ternyata memiliki banyak keunggulannya buat kesehatan tubuh kita.

Bagi kamu yang bertanya-tanya akan manfaat sehat buah plum,berikut adalah manfaat sehatnya seperti yang dilansir dari mediskus.com.

  1. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol Mungkin dari beberapa pembaca setia Mediskus ada yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Yuk, mulai teratur konsumsi buah ini. Menurut sebuah studi komparatif, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiatnya dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah lho. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  2. Sebagai Obat Alami Anemia Mengalami anemia karena kekurangan zat besi? Tenang, manfaatkan saja buah yang satu ini. Buah plum mengandung  zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.
  3. Membantu Mengatasi Kecemasan Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa dengan mengonsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Berdasarkan penelitian, ternyata manfaat buah plum yang satu ini berkat efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang ada pada buah plum yang telah terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Sedang stres atau galau? Coba buah yang satu ini.
  4. Sebagai Obat Flu Alami Selain mampu melawan radikal bebas, ternyata buah plum juga dapat memerangi virus influenza yang menjadi penyebab dari penyakit flu. Bukan sekedar omong kosong, manfaat yang satu ini telah dibuktikan dan hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip-lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Untuk Anda yang sedang mengalami flu, coba redakan gejalanya dengan mengonsumsi buah plum.
  5. Sumber Mineral dan Vitamin yang Baik untuk ibu Hamil Ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak selama kehamilan. Nah, buah plum dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya tentu saja dapat menjadi jawaban akan kebutuhan ini. Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya bukankah cukup menjadikan buah ini sebagai sumber alami yang baik untuk ibu hamil? Baca Juga: Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Melahirkan
  6. Membantu Melawan Sel Kanker Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati. Buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.
  7. Membantu Menjaga Keseimbangan Asam-Basa Tubuh Buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah, seperti yang kita ketahui kalium merupakan elektrolit yang sangat penting bagi fungsi saraf dan otot. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah plum yang kaya akan kalium ini tentunya sangat berpengaruh sekali dalam membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.
  8. Perawatan Kulit Untuk para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik, ketahuilah manfaat buah plum yang satu ini! Anda pasti akan langsung tertarik untuk segera mengonsumsinya. Buah plum yang kaya akan vitamin C bersama dengan antioksidan lainnya sangat amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bercahaya. Tidak cukup sampai disitu, buah ini juga mengandung nutrisi anti-aging yang tentu saja akan membuat kulit Anda selalu terlihat awet muda dan sekaligus membantu mengurangi bintik hitam dan keriput di wajah. Ekstraknya pun telah banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti facial wash dan masker wajah. Jadi tunggu apalagi ladies, segera konsumsi buah plum secara teratur agar dapat selalu tampil cantik dan menawan walau tampa makeup.
  9. Membantu Mengatasi Obesitas Nah, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, coba tambahkan buah plum kedalam menu diet Anda. Bukan tanpa sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. Bahkan, membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung didalamnya. Luar biasa bukan
  10. Membantu Memerangi Diabetes Wow!!! Ternyata buah yang memiliki rasa manis asam ini juga mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes lho. Manfaat buah plum yang satu ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena kandungan flavonoid didalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Selain itu, sebuah studi juga telah membuktikan kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang menderita diabetes, tunggu apalagi? Rasakan manfaat buah plum yang satu ini. (SBS/HOSE)
You might also like
Comments
Loading...